Selasa, 21 Oktober 2014

Manfaat Membuang Sampah Pada Tempatnya

Hingga saat ini masih banyak orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan. Bahkan ketika mereka di dalam mobil atau kendaraan pun, mereka tetap saja membuang sampahnya ke jalanan. Bayangkan, di tol sering banyak sampah berterbangan seperti kertas dan plastik. Hmm sayang sekali yah perbuatan buruk ini justru dijadikan sebagai kebiasaan. Oleh karena itu, Pasukan Oranges mau kasih  tahu alasan kenapa sih harus buang sampah pada tempatnya? Jawabannya karena membuang sampah itu ada manfaatnya. Cek it out!

1.       Untuk menjaga kebersihan lingkungan hidup

Kalau semua orang membuang sampah pada tempatnya, lingkungan akan terlihat bersih dan indah. Pemandangannya pun akan terlihat bagus. Mahluk hidup lain pun akan ikut tersenyum karena tidak akan teracuni oleh sampah-sampah yang kita buang sembarangan. Sayang kan kalau kita buang sampah plastik berisi minuman soda yang dibuang sembarangan di taman?! Sudah air sodanya tidak baik untuk pertumbuhan tanaman dan pohon-pohonan, sampah plastiknya juga butuh ribuan tahun untuk terurai. Ayo cintai alam !

2.       Untuk mencegah bau tak sedap dan banjir

Sampai detik ini, Pasukan oranges yakin tidak ada orang yang menyukai bau tak sedap kan. Daripada sampahnya menumpuk di jalanan dan menebarkan bau busuk yang bisa menempelke baju kita, lebih baik sampahnya dibuang ke tempat sampah dong. Kalau sampahnya berserakan dijalanan dan juga kali atau sungai, wah pada saat hujan deras bisa banjir kan. Lihat, tahun ini kan merupakan banjir 5 tahun sekali, sudah banyak desa-desa bahkan kota-kota yang terendam banjir.

3.       Untuk menjadi kebiasaan baik dan teladan bagi orang lain

Membuang sampah pada tempatnya merupakan perbuatan terpuji alias perbuatan baik yang sudah pasti positif. Kita harus menjadikan hal ini sebagai kebiasaan kita sehari-hari. Kalau begitu, nanti kan bisa dilihat orang dan dapat menggerakan hati mereka untuk ikutan membuang sampah pada tempatnya. Menjadi teladan bagi orang lain itu sangat baik, apalagi jika orang tersebut juga menjadi teladan juga bagi keluarga dan teman-temannya.

Dengan membuang sampah pada tempatnya banyak manfaat bagi hidup kita dan keluarga kita. Sampah memang kadang dipikir sebagai hal yang kecil dan tidak diperhintungkan oleh kita. Padahal banyak efek negatif ketika kita membuang sampah sembarangan sehingga sangat merugikan kita dan lingkungan. Dan semua itu harus dimulai sejak dini dan tidak ada kata terlambat untuk merubah diri.

Kesimpulannya, membuang sampah pada tempatnya itu bukan Cuma sekedar membuang sampah. Perbuatan baik itu pasti ada manfaatnya dan manfaatnya yah yang sudah Pasukan Oranges cantumkan diatas. Ayo ajak pacar, keluarga, dan teman-teman kamu untuk mulai membuang sampah pada tempatnya :D Kalau bukan Kita, SIAPA LAGI ?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar