Rabu, 15 Oktober 2014

Cara Mengobati Flu Secara Alami

Sadarkah Agan jika gejala flu dapat berasal dari demam, batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, nyeri, dan menggigil? Segalanya memang dapat diatasi dengan obat antivirus, namun bagaimanapun juga pengobatan sederhana buatan sendiri akan terasa lebih nikmat. Tak hanya itu pengobatan ‘pribadi’ ini pun telah terbukti dapat menghilangkan gejala flu yang Anda alami.

Menurut para ahli, berikut adalah 7 pengobatan flu yang dapat Anda praktekkan di rumah :

1.Minum

Influenza dapat membuat Anda terserang dehidrasi, terutama jika Anda menderita demam disertai mual dan diare. Hal tersebut memastikan bahwa Anda membutuhkan asupan cairan yang lebih. Air putih, jus buah, soda dan makanan berelektrolit sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi. Hindari minuman berkafein, karena kafein adalah diuretik, sedangkan teh herbal dan madu baik untuk penyembuhan sakit tenggorokan. Jangan pernah menyentuh alkohol sebagai jalan terakhir, karena alkohol akan membuat Anda mengantuk, dan flu tetap saja menetap.

2.Sup ayam

Sejak dulu kala, dari generasi ke generasi, sup ayam telah dipercaya untuk menyembuhkan flu. Suatu penelitian yang dituangkan dalam jurnal Chest (2000) menjabarkan bahwa sup ayam dapat membantu meredakan gejala infeksi saluran pernapasan atas.

3. Dengarkan tubuh anda bicara

Jangan abaikan isyarat yang berasal dari tubuh Anda. Jangan mendesak tubuh untuk melakukan aktifitas yang sebenarnya tidak diinginkannya. Misalnya berolahraga disaat Anda memang perlu untuk menghabiskan waktu sepanjang hari di tempat tidur, dan sebaliknya. Isitrahat adalah cara terampuh untuk melawan infeksi. Perhatikan siklus tidur malam Anda, dan jangan memotongnya hingga membuat tubuh Anda tersiksa.

4.Melembabkan

Menghirup udara lembab membantu meringankan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Salah satu strategi yang efektif adalah dengan menikmati mandi uap beberapa kali sehari, atau sekedar menyalakan shower dan duduk di kamar mandi selama beberapa menit hanya untuk menghirup uap.

5.Mengompres

Letakkan kain hangat pada dahi dan hidung, karena kain hangat merupakan alat yang ampuh untuk meredakan sakit kepala atau sinus.

6.Lemon dan Madu

Kombinasi Lemon hangat dan Madu merupakan salah satu pengobatan ala rumahan yang mujarab. Kandungan vitamin dari lemon dan madu serta kehangatannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita, sekaligus memberi kelegaan pada daerah tenggorokan dan sinus kita.

7. Mengisap permen

Obat batuk tetes, permen tenggorokan, dan permen mint dapat sangat efektif mengurangi batuk atau sakit tenggorokan.

Semua cara ini dapat dilakukan di rumah anda dan tidak memiliki efek samping. Karena semua bahan terbuat alami dan tidak menyebabkan penyakit. Terlebih beberapa cara terbukti membuat segar orang yang sehat maupun sedang sakit. Oleh karena itu tidak ada salahnya anda mencobanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar