Senin, 06 Oktober 2014

Tindakan Untuk Menjadi Bos Yang Baik

 Setiap orang tentu ingin menjadi seorang pemimpin yang disegani dan dihargai. Sama halnya dengan menjadi seorang atasan atau bos, terutama menjadi bos yang dihargai, disegani oleh karyawan tentu saja menjadi dambaan bagi setiap pemimpin perusahaan.

Bukan hal yang aneh memang jika seorang bos ingin dianggap sebagai bos yang hebat, bukan sekedar bos yang cerdas dan mampu mengatur bawahan. Bos yang hebat adalah orang yang bisa menginspirasi orang lain dan dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawannya. Seperti yang dikutip dari Enterpreneur.com, ada beberapa cara singkat yang dapat membuat Anda menjadi bosa yang hebat. Ada lima pilar utama agar Anda mampu menjadi bos hebat yaitu memiliki Growth, Relationship, Accountibility dan Teamwork, disingkat GREAT. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjadi bos yang hebat.

1. Menumbuhkan skill karyawan

Sebagai seorang atasan baiknya Anda tak seenaknya menuntut karyawan perusahaan Anda untuk meningkatkan dan mengembangkan skill mereka sendirian. Jadilah orang yang menjadi bagian penting dalam usaha pengembangan keahlian karyawan Anda sendiri. Bantulah karyawan Anda untuk mendapatkan kemampuan baru, agar mereka dapat mengerjakan tugas-tugas yang Anda berikan dengan lebih efisien dan berkualitas. Hal tersebut juga dapat membantu karyawan Anda tidak merasa monoton dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Semakin tinggi skill yang dimiliki karyawan Anda maka makin berkembang juga kualitas produk perusahaan Anda. Selain itu saat Anda membantu karyawan meningkatkan skill, mereka pun akan menjadi lebih loyal pada Anda.

2. Membangun hubungan yang baik.

Jangan pernah meremehkan masalah komunikasi dengan karyawan Anda, karena memelihara hubungan baik antara bos dan karyawan membuat karyawan Anda merasa pekerjaan yang mereka lakukan tidak sekedar mengerjakan tugas antara bawahan dan atasan, sehingga mereka cenderung lebih bertanggung jawab. Dengan begini karyawan akan senang dan memiliki inisiatif untuk mengejar target yang diharapkan atasan. Dengan memelihara hubungan baik, Anda juga dapat menumbuhkan rasa percaya dan dapat dengan mudah menanamkan nilai-nilai budaya serta nilai-nilai perusahaan antara karyawan dan bos.

3. Menciptakan keunggulan

Mulailah menetapkan standar yang cukup tinggi pada tiap harinya. Cara ini membantu perusahaan mendapatkan nilai yag tinggi dan bermutu baik. Hasil produksi yang dibuat oleh karyawan pun jadi lebih baik dan pada akhirnya karyawan Anda akan mulai terbiasa memproduksi hasil dengan standar dan mutu yang tinggi. Selain itu perusahaan juga dapat mencapai target atau bahkan melebihi target, jangan lupa berikan apresiasi untuk karyawan yang mencapai target atau lebih dari target.

4. Disiplin

Menjadi bos yang baik bukan berarti Anda melupakan kedisiplinan, seorang bos tidak boleh mengulur-ulur waktu dan target yang ingin dicapai, demi kenyamanan karyawan. Bos yang baik tahu kapan waktunya dapat memberikan dispensasi dan kapan tidak. Menjadi bos yang memiliki nilai disiplin tentu akan menjadi contoh baik bagi karyawan Anda. Dengan begitu mereka bisa meniru sifat-sifat Anda.


Usahakan untuk menciptakan suasana kerjasama tim yang solid. Hal ini untuk meningkatkan produktivitas. Tanpa membangun kerja sama dalam tim, apapun pekerjaannya, segala sesuatu jadi kurang tersinergi dengan baik.

Walaupun nampaknya tak mudah menjadi seorang bos yang baik, tapi setiap usaha yang Anda jalani tentu akan membuahkan hasil yang manis. Pelihara terus sifat-sifat kemimpinan yang Anda rasa baik dan tutupi sebisanya sifat yang Anda anggap menguntungkan untuk kelangsungan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar