Minggu, 12 Oktober 2014

Berbagai Manfaat Dari Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak vitamin didalamnya. Mungkin selama ini kentang hanya diketahui merupakan makanan yang bisa dimasak dan dikonsumsi. Tapi, ternyata kentang tak hanya berfungsi sebagai makanan saja lho. Kentang juga memiliki keajaiban-keajaiban yang ada didalamnya.

Kentang memang makanan yang menyehatkan. Tapi, jika kamu mengetahui manfaat kentang lainnya, di jamin kamu pasti tidak akan lagi meremehkan makanan yang satu ini.

1. Sumber listrik

Tahukah kamu bahwa ternyata kentang bisa digunakan sebagai sumber energi listrik lho. Hal ini diketahui pada percobaan yang dilakukan untuk menyalakan jam digital. Kentang ini ternyata mengandung energi didalamnya sehingga bisa membuat jam digital tersebut menjadi hidup. Ternyata, kentang ini bisa bermanfaat sebagai baterai juga lho. Dengan memanfaatkan energi yang ada didalam kentang, kamu bisa menjadikan kentang sebagai baterai atau sumber energi listrik.

2. Bahan pengganti plastik

Tak hanya sebagai sumber listrik saja, ternyata kentang juga bisa bermanfaat sebagai bahan penggnati plastik yang sangat baik. Kamu bisa membuat sendok, garfu, dan piring dari kentang. Selain hasilnya memuaskan, kentang juga menjadi bahan pengganti yang sangat aman untuk digunakan.

3. Bahan perawatan kecantikan

Kandungan sehat dari kentang ternyata juga dimanfaatkan sebagai campuran bahan untuk pembuatan produk kecantikan lho. Kentang ini diketahui dapat menghilangkan komedo, jerawat dan juga kulit berminyak. Tak hanya itu, kentang juga bisa mengecilkan pori-pori kulit wajah kamu yang besar.

4. Mengurangi bengkak pada mata

Mungkin selama ini kamu lebih mengenal mentimun untuk mengempeskan bengkak pada mata kamu saat bangun tidur, atau setelah menangis. Tapi, ternyata kentang juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengurangi bengkak mata kamu. Caranya mudah, dengan mengiris kentang dan mencuci bersih lalu menempulkan irisan kentang tersebut pada mata dan biarkan selama 10 menit. Niscaya kamu akan puas ketika melihat hasilnya.

5. Menghilangkan karatan

Memiliki perabotan rumah tangga yang berkarat memang merupakan hal menyebalkan. Tapi, jangan khawatir, sekarang kamu dapat dengan mudah mengatasi masalah ini. Caranya dengan menggunakan kentang. Kentang mengandung sejenis asam yang dapat meresap pada logam yang berkarat. Cara untuk menghilangkannya sangat mudah, hanya dengan menggosokan bagian dalam kentang ke logam yang berkarat setelah itu biarkan selama setengah jam barulah kemudian di gosok dengan menggunakan sabut stainless yang biasa Anda gunakan untuk menggosok panci.

6. Membersihkan sepatu kulit

Biasanya kebanyakan orang membersihkan sepatu kulitnya agar terlihat mengkilap menggunakan semir sepatu. Tapi, kali ini kamu tidak perlu membeli semir sepatu lagi untuk membuat sepatu kulit kamu mengkilap. Karena hanya dengan menggunakan kentang kamu sudah bisa membuat sepatu semir kamu menjadi mengkilap. Caranya dengan menggosokan bagian dalam kentang ke sepatu kulit kamu, lalu biarkan selama lima menit barulah kamu gosok dengan kain yang biasanya untuk mengelap sepatu. Alhasil, sepatu kamu akan terlihat seperti baru kembali.

7. Bahan baku industri

Tahukah kamu bahwa kentang juga bisa digunakan sebagai bahan baku industri lho. Kentang juga bisa diolah menjadi tepung dan bahan perekat. Dan katanya lem dari kentang ini ternyata lebih murah dan juga lebih kuat untuk melekatkan beberapa lapis kayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar